Selasa, 30 Oktober 2012

mapala


Mapala......
Kawan ketika kamu mendengar kata- kata mapala apa yang kamu pikirkan dan terlintas di benakmu??
Mungkin jawaban kawan-kawan bermacam macam mungkin jawaban ada yang seperti ini :
·         Mapala.....mahasiswa paling lama
·         Gimana ya..... mapala??? Orang yg hobinya mendaki gunung
·         Mapala....mahasiswa palala
·         Mungkin Ada juga menjawab.....mahasiswa pencinta alam
·         Dan masih banyak opini-opini yang lainnya.....bla bla....!!!!
Tapi bagi saya pribadi arti mapala jauh lebih dari itu, mapala bagi pribadi saya tidak hanya sebagai penyalur hobi saya tetapi mapala adalah keluarga saya tempat saya belajar mengenal segala-galanya baik ke organisasian maupun cara menghargai orang lain dan bagaimana menghargai hal-hal kecil lainnya...
Awalnya saya tertarik bergabung dengan mapala pagaruyung stain batusangkar adalah ketika saya melihat seorang senior namanya kodri waktu man dulu,kebetulan kodri ini adalah anggota mapala pagaruyung dan awalnya dia bercerita tentang bagaimana mapala ini.... pernah suatu saat saya pergi ke kos dia kebetulan dia membawa sepatu panjat ke kos nya, karena saya tidak tahu tentang dunia rock climbing atau panjat tebing saya sontak dan langsung mencemeeh da kod dan saya berkata sepatu po dakod bawok ko, sepatu anak-anak a ko..... dan da kod langsung menjawab bodoh ang mah ki jaleh ko sepatu panjat tebing mah... jan salah-salah ang ki maha bolieh dik ang mah ki... lalu saya langsung menjawab lagi sepatu adiek po lo ka maha tu da kod.... dan da kod menjawab lagi kok ndak cayo ang ki masuak lah ang ka mapala bisuak di stain yo.....
Waktu tak terasa seiringnya berjalan nya waktu saya akhirnya tibo jo di stain tw masuak stain jo jadinyo...hehe,J pada ospek marhaban ditampilkan masing-masing organisasi di depan auditorium.. kalau di lihat-lihat pada waktu presentasi masing-masing ukm pada waktu marhaban loyo sadonyo,tapi pada waktu mapala presentasi tacanggang sadonyo peserta marhaban mancaliak foto-foto kegiatan mapala ditambah lo yang presentasi bg anthos lo kebetulan waktu tu bang antos ketua marhaban lo. Tu tambah wah jadinyo mapala dik nyo....hehe
Setelak saya memulai perkuliahan sabulan dua bulan waktu ndak taraso dow, para ukm sadonyo lah mambuka pendaftaran termasuk mapala yang terakhir. Awal nya ketiko di stain setelah kulia hilang  minat wak masuak mapala karena ki pribadi dulunya mulai dari SD,MTSN,sampai MAN  tergabung dalam Pramuka. Jadi lah bulek tekat masuak pramuka mah.... tapi di suatu waktu do kawan ki... namonyo wandra,, inyo ngajak kawan-kawan lokal masuak mapala sadonyo tapi waktu tu yang tertarik banyak diantaranya riki ferdian,wandra,ratna,roma... jadi wandra jo riki tungkir ko gajak wak nyo masuak lah mapala ki keceknyo, awal nyo wak ragu mah...kan wak lah do niat masuak pramuka mah,.... tapi wandra jo tungkir gajak jo...yo lah kecek wak cubo jo dulu keceknyo.. jadi pai la kami ka meja pendaftaran di sekretariat mapala kebetulan sekretariat tu ndak do kini lai dow karena di robohkan dan diganti tempat parkir dan seluruh kegiatan kemahasiswaan pindah ke lantai 5 gedung k.... awalnyo kami tibo di sekre kami bertemu jo bang dani jo ni nen waktu tu... tu kami mendaftar ka urang baduo tu... tu giko kecek tungkir a : ki pakai jo piti wak ko ntuak daftar lu yang penting ki masuak lah dulu mapala.... jadi kecek wak kan..... lalu diminta nyo foto 3x4 plus uang pendaftaran 10 ribu.. yang masih ingek dik wak sampai kini kesan pendaftaran dulu senior-senior tu mencimeeh an foto wak. Wak akui lo foto wak waktu tu yo kacau maklum tukang foto ndak pandai ngedit foto nyo dow, jadi tambah buruak jadinyo....hehe J
Setelah proses pendaftaran masih panjang lagi proses masuk mapala ini, setelah pendaftaran ada tes wawancara, kebetulan waktu tu wak tes nyo jo bang afdal.. wak pribadi yo salut ka bg afdal ko karena caro ngecek nyo tu yo sopan dan tutur katanya tu yo dak mambwek sakik hati dow. Setelah proses wawancara di mulai sampai salasai berjalan lancar-lancar jo nyo. Tapi ciek pasan bg afdal waktu thu ka kami jo tungkirnyo kalau di mala ko dak bulieh main perasaan dow dak bulieh pacaran sesama anggota dow,.. jadi sampai kini kecek bg afdal tu masih ta ingek-ingek dik wak nyo dan insya allah dak kan pernah wak langgar dow...
Setelah tes wawancara selesai dan setelah beberapa hari kemudian keluar lah jadwal siapa saja yang lolos dan tidak lolos ke tahap selanjutya masuk mapala, dan ketika kami mendengar itu kami langsung bergegas melihat papan penggumuman dan ternyata saya lolos dan yang membuat saya terkejut yaitu wandra tidak lolos, dia yang mengajak kami ternyata tidak lolos ke tahap selanjutnya.. kami merasa sedih tapi mau gimana lagi, tapi wandra berkata kepada kami : jan cameh ang ki masuak lah kalian lu,jan sampai ndak masuak lo kalian mapala.. den jan cameh lo kalian lai den tahun besuk bisa masuak liek nyo..
Setelah wawancara selesai proses selanjutnya adalah materi lapangan, kebetulan materi lapangan kami di adoan di pagaruyung di belakang istana, maka pada waktu yang di tetapkan berangkatlah kami ke lokasi materi lapangan di pagaruyung, di saat penyampaian materi ini banyak ilmu ilmu baru yang saya dapatkan secara pribadi.baik navrad,ghr,caving maupun rc dan banyak yang lainnya lagi., dalam pelaksanaan materi lapangan ini karena ramai yang ikut jadi kekompakan kami kurang terlihat kami terbagi dalam 2 kelompok.
Setelah beberapa tes dan ujian masuk mapala tiba jalur terakhir yang kami lalui sebelum menjadi anggota Mapala Pagaruyung yaitu pendidikan dasar mapala (PDM), pada hari sebelum pendidikan saya sempat bercerita tentang bagaimana pdm di mapala dengan salah seorang senior yaitu Dafrinal, dia mengatakan pdm ini adalah suatu pengalaman yang tak kan terlupakan. Tapi dia tak mau menyebutkan bagaimana gambaran pastinya dari pdm ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar