Senin, 19 Desember 2011

kutbah jumat






ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ   `ÏB ÎhŽŸ° $tB t,n=y{ ÇËÈ   `ÏBur ÎhŽŸ° @,Å%yñ #sŒÎ) |=s%ur ÇÌÈ   `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ   `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sŒÎ) y|¡ym ÇÎÈ  






1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
            Pada ayat pertama ini malam dengan kegelapannya diibaratkan sesuatu yang tertutup rapat kehadiran cahaya pagi dari celah – celah kehidupan malam menjadikannya terbelah  karena biasanya kejahatan dan kesulitan muncul dimalam hari atau direncanakan pada malam hari  baik kejahatan oleh manusia ,binatang dan sebagainya maupun kesulitan yang diakibatkan oleh kelam nya malam itu sendiri.
Dengan menyakini bahwa allah kuasa membelah kegelapan malam dengan terangnya pagi maka seseorang akan yakin pula bahwa allah juga kuasa menyingkirkan kejahatan dan kesulitan kapan dan dimana pun dengan memunculkan pertolongan allah dan menyingkirkan kesulitan.


2. dari kejahatan makhluk-Nya,
Dari ayat ini mengandung permohonan mendapat permohonan pertolongan dan perlindungan dari keburukan dan kejahatan makhluk ciptaan Allah,baik itu datang dari diri si pemohonsendiri maupun dari makhluk selainnya. 

3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
            Dari ayat ini mengandung memohon perlindungan allah dari kejahatan yang terjadi pada malam yang gelap karena pada biasanya malam menakutkan karena sering kali kejahatan dirancang dan terjadi di celah-celah kegelapan baik dari para pencuri,perampok,pembunuh maupun dari binatang buas,berbisa ataupun serangga.

4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul
            Dari ayat ini didasarkan oleh para ulama bahwa al-quran mengakui adanya sihir,biasanya tukang-tukang sihir dalam melakukan sihirnya membikin buhul-buhul dari tali lalu membacakan jampi-jampi dengan menghembus-hembuskan nafasnya ke buhul tersebut.
Contohnya : Nabi Muhammad pernah di sihir dan merasa terganggu dengan sihir tersebut sehingga Allah SWT mengajarkan beliau untuk menampiknya dengan surat al falaq dan an nas.



5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.
            Dari ayat ini mengandung bahwa salah satu sebab utama dari lahirnya kejahatan dan upaya memisahkan antara  seseorang dan teman atau pasangannya adalah karena iri hati.

Penyebab dengki atau iri hati adalah :
  • Keangkuhan sehingga merasa bahwa apa yang dimiliki seseorang tidak wajar untuk yang bersangkutan tetapi hanya wajar untuk dirinya sendiri.
  • Persaingan khususnya dalam bidang materi,iri hati muncul karena ketidakmampuan menyamai atau melebihi orang lain yang disaingi itu.
  • Rasa takut
  • Cinta kekuasaan
  • Watak buruk yang telah menjadi sifat seseorang


Maka dari ayat ini dapat disimpulkan bahwa tiada tempat berlindung dan meminta pertolongan selain allah baik kejahatan makhluknya,kejahatan malam,tukang sihir, maupun orang-orang dengki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar