KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Kedudukan guru mempunyai arti penting dalam
pendidikan.arti penting itu bertolak dari tugas dan tanggung jawab guru yang
cukup berat untukmencerdaskan anak didiknya.kerangka berpikiryang demikian
menghendaki seorang guru melengkapi dirinya dengan berbagai keterampilan yang
diharapkandapat dibantu dalam menjalankantugasnya dalam interaksi edukatif.
Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang
mutlak harus guru punyai dalam hal ini. Dengan pemilihan keterampilan dasar
mengajar ini diharapkan guru dapat mengoptimalkan peranannya di sekolah.
Beberapa keterampilan dasar mengajar yang harus
dikuasai oleh guru adalah :
A. Keterampilan
bertanya dasar
B. Keterampilan
bertanya lanjut
A. Keterampilan
bertanya dasar
Bagaimanapun tujuan pendidikan,secara universal guru
akan selalu menggunakan keterampilan bertanya kepada siswanya. cara bertanya
untuk seluruh kelas,untuk kelompok atau untuk individu,memiliki pengaruh yang
sangat berarti, tidak hanya pada hasil belajar siswa tetapi juga pada suasana
kelasbaik sosial maupun emosional.
Dengan bertanya akan membantu siswa belajar dengan
kawannya,membantu siswa lebih sempurna dalam menerima informasiatau dapat
mengembangkan keterampilan kognitif tingkat tinggi.
Dengan
demikian guru tidak hanya akan belajar bagaimana “bertanya’ yang baik dan
benar,tetapi juga belajar bagaimana pengaruh bertanya di dalam kelas.
Kelancaran bertanya (fluency) adalah merupakan
jumlah pertanyaan yang secara logis dan relevan di ajukan guru kepada siswa di
dalam kelas.
Kelancaran
bertanya sangat di perlukan bagi guru dalam proses belajar mengajar. komponen
yang penting dalam bertanya antara lain harus jelas dan ringkas.
Menstruktur
pertanyaan perlu juga di perhatikan.pertanyaan yang disajikan guru di arahkan
dan di tunjukkan pada pelajaran yang memiliki informasi yang relevan dengan
materi pelajaran,untuk membantu siswa mencapai tujuan pelajaran yang telah di
tetapkan.
Pemberian waktu (pausing) untuk
berpikir setelah guru bertanya merupakan faktor yang penting.pemberian waktu
ini akan menghasilkan beberapa keuntungan diantaranya siswa yang merespon
bertambah,banyak pikiran muncul,siswa mulai berinteraksi antara yang satu
dengan yang lainnya,banyak siswa bertanya bertambah atau guru cenderung
meningkatkan variasi bertanya.
Bila guru bertanya dan
siswa tidak dapat menjawab kemudian pertanyaan tersebut diarahkan kepada siswa
lain maka guru tersebut telah melakukan “pindah gilir” dalam bertanya. Pindah
gilir maksud nya mengurangi campur tangan guru,mengurangi pembicaraan guru yang
tidak perlu dan meningkatkan kemungkinan respon siswa secara langsung terhadap
yang lain.
Anggapan belajar adalah
berhubungan dengan kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk berpartisipasi
secara aktif dalam percakapan di kelas,maka cara mendistribusikan perhatian
ataupun pertanyaan adalah hal yang panting.
a.
Tujuan
o
Untuk meningkatkan perhatian dan rasa
ingin tahu siswa terhadap satu topik
o
Memfokuskan perhatian pada suatu konsep
masalah tertentu
o
Mengembangkan belajar secara aktif
o
Menstimulasi siswa untuk bertanya pada
diri sendiri ataupun orang lain
o
Menstruktur suatu tugas sedemikian rupa
sehingga siswa akan belajar secara maksimal
o
Mengkomunikasikan kelompok bahwa
keterlibatan dalam belajar adalah sangat di harapkan demikian juga partisipasi
semua anggota kelompok.
o
Mendiagnosis kesilitan belajar siswa
o
Memberi kesempatan siswa untuk
mengasimilasi dan merefleksi informasi
o
Mengembangkan kemampuan berpikir siswa
o
Mengembangkan refleksi dan komentar
siswa terhadap respon siswa lain maupun guru
o
Memberi kesempatan siswa untuk belajar sendiri melalui diskusi
o
Mengungkapkan keinginan yang sebenarnya
dari siswa melalui ide dan perasaannya.
b.
Penyusunan kata-kata
Untuk membantu siswa
merespon pertanyaan guru , pertanyaan harus di susun dengan kata-kata yang
cocok dengan tingkat perkembangan kelompok. Jangan dilupakan perbedaan
pembendaharaan kata-kata antara guru dengan siswa atau menganggap rendah
tingkat berpikir siswa.
Contoh : apa jasa
pangeran di ponegoro terhadap negara kita ?
c.
Struktur
Selama diskusi berlangsung
usahakan guru memberi informasi yang relevan dengan tugas siswa baik sesudah
maupun sebelum pertanyaan- pertanyaan.
d.
Pemusatan
Ada dua aspek dari
komponen pemusatan yaitu :
-
Terhadap ruang lingkup pertanyaan yang
luas (terbuka) atau yang sempit contohnya : bagaimana iklim mempengaruhi cara
hidup manusia?
-
Pemusatan terhadap jumlah tugas siswa
sebagai akibat dari pertanyaan guru contohnya : apa akibat devaluasi terhadap
enghasilan pegawai negeri ,petani,dan pedagang ?
e.
Pindah gilir
Bila guru menghendaki
tetap ada perhatian penuh dari siswa dan meminta beberapa siswa untuk
merespon,guru dapat menggunakan teknik bertanya pindah gilir.setelah mengajukan
pertanyaan untuk seluruh anggota kelas kemudian guru dapat meminta salah
seorang siswa untuk menjawabnya dengan cara memanggil nama,atau dengan
menunjuk,mengangguk atau senyum (pindah gilir nonverbal)
f.
Distribusi
Untuk melibatkan siswa
langsungdalam pelajaran
g.
TUGAS OBSERVASI SAYA WOY.....
BalasHapus