Senin, 14 November 2011

SILABUS MATEMATIKA XI / IPA


SILABUS
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Kelas/Program             : XI / IPA
Semester                       : 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
CONTOH SOAL
1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

1.1        Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

·         Siswa mampu membaca data dalam bentuk table, diagram batang, garis lingkaran, dan ogife.
Diagram Batang Rata-rata Nilai Matematika Kelas IX,X,XI dari tahun 2008-2011.
Dari diagram di bawah ini, tuliskan data yang dapat anda baca dari digram tersebut!
1.2        Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya.

·         Siswa mampu menyajikan data dari soal yang diberikan dalam bentuk apapun
·         Dalam sebuah ujian Matematika di Kelas XI SMAN 1 Batusangkar dengan jumlah siswanya 40 orang, di dapatkan data sebagai berikut :

50,55,57,60,62,62,65,65,65,70
70,70,70,75,75,81,81,81,81,85
86,86,87,89,90,90,90,90,90,90
91,91,93,95,95,96,97,100,100,100

Sajikanlah data diatas dalam bentuk table,diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive !
1.3        Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

·         Siswa mampu menghitung ukuran pemusatan,ukuran letak ukuran penyebaran data beserta penafsirannya
·         Dari data diatas, tentukanlah median,modus, Q1,Q2,Q3,P100,D5 !
1.4    Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
  • Siswa mampu menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
  • Di dalam sebuah kotak terdapat 10 kelereng, 4 kelereng Merah dan 5 kelereng Biru. Akan di ambil 7 kelereng secara acak tanpa pengembalian.  Berapa peluang terambilnya 3 kelereng Merah dan 4 kelereng Biru?
  • Pada suatu malam, enam orang remaja memasuki sebuah restoran untuk makan bersama.  Mereka akan menduduki sebuah meja  bundar yang terdiri dari enam kursi.  Berapa cara susunan tempat duduk mereka?
1.5    Menentukan ruang sampel suatu percobaan
  • Siswa mampu Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
  • Dua buah Dadu di lempar 1 kali, tuliskan ruang sampel dari percobaan tersebut!
1.6    Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
  • Siswa mampu Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
  • Siswa mampu Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritis
  • Dua buah dadu dilemparkan 1 kali, Hitung peluang munculnya 2 mata dadu yang sama dan mata dadu yang berjumlah 11 secara langsung dan teoritis !



STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
CONTOH SOAL
2.      Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.

2.1    Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
·         Siswa mampu menggunakan rumus trigonometri pada sudut ganda untuk menghitung sinus dan cosinus pada sudut tertentu
·          

2.2        Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

·         Siswa mampu melakukan penurunan rumus jumlah pada sinus dan Cosinus
·          

2.3    Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
·         Siswa mampu menggunakan rumus jumlah, selisih sinus dan cosinus
·         Diketahui : < Ao :  60o
                         < Bo :  30o
      Hitunglah sin (A + B), cos (A + B), Tan (A                         + B),sin ( A – B ), cos (A – B), tan ( A – B) !

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
CONTOH SOAL
3.   Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.

3.1    Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
·        Siswa mampu merumuskan persamaan lingkaran
·        Siswa mampu menyelesaikan percobaan dari persamaan lingkaran
·        Tentukanlah persaman Lingkaran yang berpusat di O (0,0) dab jari-jari 5 !
·        Tentukanlah persamaan Lingkaran yang berpusat di A (2,3) dan jari-jari 7 !

3.2    Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
·        Siswa mampu menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran baik itu yang diketahui gradiennya, yang melalui salah satu titik pada lingkaran ataupun melalui suatu titik di luar Lingkaran.
·        Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran yang membentuk sudut 30o dengan Lingkaran !
·        Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik (3,4) pada Lingkaran !

SILABUS

Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Kelas/Program             : XI / IPA
Semester                       : 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
4.   Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

4.1 Menggunakan algoritma pembagian suku banyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
  • Siswa mampu menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dengan menggunakan algoritma pembagian suku banyak

4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
  • Siswa mampu menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.
  • Siswa mampu menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor.
  • Siswa mampu menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor.

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
  Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

5.1    Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
  • Siswa mampu mendefenisikan limit fungsi di sebuah titik melalui pengamatan grafik fungsi disekitar titik tersebut
  • Siswa mampu mendefenisikan limit fungsi melalaui perhitungan nilai - nilai fungsi
  • Siswa dapat menentuka limit fungsi aljabar yang berbentuk limit f ( x )  untuk x-a dengan berbagai metode dan mampu menentukan limit fungsi aljabar jika x sampai tak hingga

5.2    Menentukan invers suatu   fungsi
  • Siswa mampumenentukan invers dari suatu fungsi



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

6.1.  Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.
  •  

6.2.  Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
  • Siswa mampu menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik.
  • Siswa mampu menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.
  • Siswa mampu menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.
  • Siswa mampu menghitung limit fungsi  aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat  limit

6.3.  Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
  • Siswa mampu menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan.
  • Siswa mampu menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik
  • Siswa mampu menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan
  • Siswa mampu menentukan sifat-sifat turunan fungsi
  • Siswa mampu menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan
  • Siswa mampu menentukan turunan fungsi bentuk ex, log x dan ln x
  • Siswa mampu menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai.

6.4.    Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah



6.5.    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi



6.6.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
         dan penafsirannya

  • Siswa mampu menyelesaiakan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
  • Siswa mampu menafsirkan solusi dari masalah  nilai ekstrim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar