SILABUS
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | CONTOH SOAL |
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah. | 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive | · Siswa mampu membaca data dalam bentuk table, diagram batang, garis lingkaran, dan ogife. | Diagram Batang Rata-rata Nilai Matematika Kelas IX,X,XI dari tahun 2008-2011. Dari diagram di bawah ini, tuliskan data yang dapat anda baca dari digram tersebut! |
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya. | · Siswa mampu menyajikan data dari soal yang diberikan dalam bentuk apapun | · Dalam sebuah ujian Matematika di Kelas XI SMAN 1 Batusangkar dengan jumlah siswanya 40 orang, di dapatkan data sebagai berikut : 50,55,57,60,62,62,65,65,65,70 70,70,70,75,75,81,81,81,81,85 86,86,87,89,90,90,90,90,90,90 91,91,93,95,95,96,97,100,100,100 Sajikanlah data diatas dalam bentuk table,diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan ogive ! | |
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya | · Siswa mampu menghitung ukuran pemusatan,ukuran letak ukuran penyebaran data beserta penafsirannya | · Dari data diatas, tentukanlah median,modus, Q1,Q2,Q3,P100,D5 ! | |
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah |
|
| |
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan |
|
| |
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya |
|
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | CONTOH SOAL |
2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya. | 2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu. | · Siswa mampu menggunakan rumus trigonometri pada sudut ganda untuk menghitung sinus dan cosinus pada sudut tertentu | · |
| 2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | · Siswa mampu melakukan penurunan rumus jumlah pada sinus dan Cosinus | · |
| 2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | · Siswa mampu menggunakan rumus jumlah, selisih sinus dan cosinus | · Diketahui : < Ao : 60o < Bo : 30o Hitunglah sin (A + B), cos (A + B), Tan (A + B),sin ( A – B ), cos (A – B), tan ( A – B) ! |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | CONTOH SOAL |
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya. | 3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan | · Siswa mampu merumuskan persamaan lingkaran · Siswa mampu menyelesaikan percobaan dari persamaan lingkaran | · Tentukanlah persaman Lingkaran yang berpusat di O (0,0) dab jari-jari 5 ! · Tentukanlah persamaan Lingkaran yang berpusat di A (2,3) dan jari-jari 7 ! |
| 3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi | · Siswa mampu menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran baik itu yang diketahui gradiennya, yang melalui salah satu titik pada lingkaran ataupun melalui suatu titik di luar Lingkaran. | · Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran yang membentuk sudut 30o dengan Lingkaran ! · Tentukanlah persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik (3,4) pada Lingkaran ! |
SILABUS
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah. | 4.1 Menggunakan algoritma pembagian suku banyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian. |
|
| 4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi. | 5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi |
|
| 5.2 Menentukan invers suatu fungsi |
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah. | 6.1. Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga. | |
| 6.2. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri |
|
| 6.3. Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi |
|
| 6.4. Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah | |
| 6.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi | |
| 6.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar