Senin, 14 November 2011

SILABUS MATA KULIAH (Rencana Satu Semester) Telaah Kurikulum Matematika


SILABUS MATA KULIAH
(Rencana Satu Semester)

A.   Informasi Umum
Fakultas                                         : FMIPA Universitas Negeri Padang
Jurusan                                          : Matematika
Program Studi                               : Pendidikan Matematika
  Mata Kuliah                             : Telaah Kurikulum Matematika
Kode Mata Kuliah                        : Mat 121
Jumlah SKS                                  : 3 SKS
Tempat Kuliah                              : Di Jurusan Matematika FMIPA UNP
Waktu                                           : Sesuai Jadwal
Tempat Konsultasi                        : Ruang Dosen
Dosen                                            : Tim PBM.
                                                                   
B.   Deskripsi Mata Kuliah
1.   Kedudukan Mata Kuliah
Termasuk kelompok MKB dan merupakan mata kuliah wajib.
2.   Standar kompetensi
·         Mahasiswa mengenal dan memahami standar isi, standar kompetensi Lulusan dan ruang lingkup serta kaitan antara standar tersebut
·         Mahasiswa mengenal dan memahami  standar proses, dan  standar penilaian  sereta penerapannya pada kurikulum matematika pendidikan Dasar
·         Mahasiswa memahami dan mengenal tentang peta konsep materi pelajaran matematika di SMP
·         Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran di kelas melalui observasi kelas.

C.   Kepustakaan

1.      UU RI No 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional
2.      UU Guru dan Dosen no 14 tahun 2005
3.      PP no 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
4.      Guru Profesional oleh Mulyasa
5.      Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
6.      Permendiknas No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi lulusan
7.      Permendiknas No. 20 tahun 2007Tentang Standar Penilaian
8.      Permendiknas No. 41 tahun 2007 Tentang Standar Proses Pembelajaran
9.      Permendiknas no 39 tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas
10.  Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008 Tentang Guru


D.  Sistem Penilaian
Tugas                                           20%
Ujian Tengah Semester (UTS)      30%
Presentasi dan Makalah              40%
Kehadiran dan Partisipasi            10%  



E.   Uraian Kegiatan Perkuliahan


KOMPOTENSI DASAR
MINGGU
KE
MATERI POKOK DAN
URAIAN METERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Tugas Terstruktur
SUMBER Belajar dan Akses
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa mengenal dan memahami standar isi



I








a.       Standar kompetensi  mata pelajaran matematika SMP

b.      Kompetensi Dasar  mata pelajaran matematika SMP


·  Pendahuluan (pengenalan silabus, pembentukan kelompok observasi, sistem perkuliahan)
·  Mahasiswa bersama dosen mendiskusikan tentang standar isi mata pelajaran matematika SMP.

·   Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami :
a.       Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran matematika
b.      Kompetensi dasar (KD) mata pelajaran matematika

Membuat pemetaan SK KD serta indikator mata pelajaran matematika SMP (dalam kelompok) dan di presentasikan pada minggu II.
1.      UU no 19 tahun 2005
2.      Permendiknas nomor 22 dan 23
3.      PP no 74 tahun 2009 tentang guru

a.       Mahasiswa mengenal dan memahami tentang keterkaitan antara SK,  KD dan indikator pencapaian kompetensi
II
a.       Standar kompetensi  mata pelajaran matematika SMP

b.      Kompetensi Dasar  mata pelajaran matematika SMP

·  Mahasiswa mempresentasikan hasil kerja kelompok minggu I
sda
1.      Menelaah Permen Diknas no 22, 23 tahun 2006,  dan menyusun resumenya.
2.      Mahasiswa mulai melaksanakan proses observasi kelas ke SMP
3.      Mahasiswa membuat keterkaitan SKL dengan KD dan SK secara berkelompok

4.      Permen Diknas no 22, 23 tahun 2006,
5.       Permen 20 dan 41 tahun 2007
Mahasiswa mengenal dan memahami kompetensi Lulusan  mata pelajaran matematika serta kaitannya dengan SK, KD dan Indikator pencapaian kompetensi
III
a.       Standar isi kurilkulum mat SMA/SMK
b.      Standar kompetensi Kelulusan

a.       Mahasiswa memperesentasikan tugas kelompok minggu kedua tentang Standar kompetensi Kelulusan mata pelajaran matematika SMP
.
a.       Mahasiswa mampu memahami menjelaskan Standar kompetensi kelulusan serta kaitannya dengan SK, KD dan indikator pencapaian kompetensi

1.      Membuat rincian SKL terhadap standar isi (SK dan KD) menjadi beberapa indikator pembelajaran.
2.      Membuat rincian materi pembelajaran sesuai dengan SKL mata pelajaran matematika (tugas kelompok untuk Satuan Pendidikan SMP)



1.      Permen no 20 tahun 2007 tentang sistem Penilaian
2.      Permen 22 tahun  2006 tentang  Standara isi
3.       Permen No 23 tahun 2006 tentang SKL
4.      Permen No 41 tentang Standar Proses Pembelajaran



Mahasiswa dapat memahami rincian materi pembelajaran sesuai dengan SKL matapelajaran matematika
IV
a.       SKL mata pelajaran matematika
b.      Materi matematika yang relevan dengan SKL

Mahasiswa bersama dosen mendiskusikan tentang materi pembelajaran yang sesuai dengan SKL mata pelajaran matematika

Mahasiswa mampu memilih dan menentukan materi pembelajaran yang sesuai  dengan SKL
Mahasiswa membuat resume hasil diskusi serta membuat resume tentang standar proses yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika SMP (untuk dipresentasikan minggu selanjutnya)

Mahasiswa mengenal dan memahami standar proses   
V
Standar  Proses Pembelajaran matematika SMP


Mahasiswa bersama dosen mendiskusikan tentangStandar Proses Pembelajaran mata pelajaran matematika
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Standa Proses Pembelajaran

Menelaah Permen Diknas no 41 tahun 2007 dan mhs membuat ringkasan tentang standar penilaian secara kelompok (dipresentasikan minggu depan)
Sda
Mahasiswa mengenal dan memahami standar penilaian
VI
Standar  Penilaian Pembelajaran matematika SMP


Mahasiswa bersama dosen mendiskusikan tentangStandar Proses Pembelajaran mata pelajaran matematika
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Standa Penilaian Pembelajaran

3.      Menelaah Permen Diknas no 20  tahun 2007
Sda
1.      Mahasiswa memahami dan mengenal tentang peta konsep materi pelajaran matematika di SMP
VII
Standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator serta materi pembelajaran matematika di SMP
Mahasiswa bersama dosen mendiskusikan tentang peta konsep materi pembeljaran matematika di SMP
Mahasiswa mampu membuat peta konsep materi matematika di SMP
Secara berkelompok mahasiswa membuat peta konsep untuk materi matematika di SMP
Standar Isi serta buku paket matematika SMP
Minggu VIII Ujian Tengah Semeter
2.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
IX
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda

3.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
X
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda
4.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XI
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda
5.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XII
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda
6.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XIII
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda
7.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XIV
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
sda
8.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XV
Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
Sda
9.      Mahasiswa memahami implementasi teori pembelajaran dikelas melalui observas kelas
XVI







Hasil observasi kelas
Mahasiswa mendiskusikan tentang hasil pengamatan pembelajaran di kelas matematika
Mahasisma mampu mendeskripsikan dan menganalis pengalaman belajar siswa melalui teknik observasi kelas
Mahasiswa secara berkelompok melaksanakan observasi kelas serta membuat laporan hasil pengamatan
sda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar